Sunday 28 February 2016

Pengertian dan jenis-jenis hardisk

Pengertian Dan jenis-jenis Hardisk


Apa itu Hard disk/HDD? HDD (Hard Disk Device) atau Hard disk yaitu Hardware jenis Penyimpanan terbesar yang dimiliki sebuah komputer agar sebuah komputer bisa masuk OS dan memiliki Sofware yang berguna untuk mempermudah pekerjaan pengguna.
Dan berikut saya akan memberikan jenis-jenis Hardisk beserta penjelasannya satu persatu :

1. IDE ( Integrated Device Electronics) atau bisa disebut ATA (Advenced Technology Attachmen).

Hard disk jenis ini memiliki konektor sebanyak 40 pin dan 4 pin power. HDD ini juga memiliki jumper yang berfungsi mengubah pengaturan ke Motherboard. Keuntungan drive EIDE / ATA yang signifikan adalah harganya yang cukup murah, karena penggunaannya di pasaran PC. Tapi salah satu kekurangan utama dari HDD ini adalah diperlukan kontroler terpisah untuk tiap drive jika dua drive digunakan bersamaan untuk meningkatkan performa. Berikut adalah contoh Hard disk IDE.

2. SATA (Serial Advanced Technology Attachment).
Sedangkan HDD jenis ini memiliki 4 pin dan 7 pin power yang mempunyai kecepatan akses yang lebih cepat dibandng jenis HDD IDE. Hard disk jenis SATA tidak memiliki jumper karena HDD jenis ini tidak memerlukan settingan untuk mengubah pengeturan ke Motherboard.

3.SCSI (Small Computer System Interface).
Sedangkan HDD jenis ini menggunakan konektor pin sebanyak 50-80 pin. Dan tentunya HDD jenis SCSI ini memiliki transfer data paling cepat dibanding dengan jenis HDD IDE dan SATA.


Sekian apa sedikit yang saya tau tentang Hard disk, Terima Kasih.

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian dan jenis-jenis hardisk
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Pilih sistem komentar yang Anda sukai..

No comments :

Berkomentarlah dengan bijak & sesuai dengan artikel diatas