Thursday 3 March 2016

Cara mengetahui Driver sudah terinstal atau belum


Kali ini saya akan memberikan cara mengetahui Driver sudah terinstal atau belum pada komputer atau laptop sobat.

Cara mengetahui Driver sudah terinstal atau belumTapi sebelum menuju ke topik pembahasan, saya akan memjelaskan sedikit tentang Driver. Karena mungkin dari sobat sekalian masih ada yang belum mengetahui apa itu Driver? Driver yaitu Pendukung atau penyuport komputer atau laptop sobat. Seperti halnya bermain sepak bola di lapangan, tak lengkap rasanya kalau tidak ada yang namanya pendukung atau suporter, dan begitu pula dengan komputer, yang memerlukan Driver untuk mendukung kinerja dari komputer itu sendiri.

Saya rasa cukup mengenai Driver, dan langsung saja kita menuju ke topik pembahasan mengenai Cara mengetahui Driver sudah terinstal atau belum pada komputer atau laptop kita. Berikut langkah-langkahnya :


1. Silahkan sobat buka Windows Explorer, atau yang biasa sobat buat untuk menyimpan file. Biar lebih cepat bisa pakai kombinasi tombol Windows Key+E pada keyboard sobat.

2. Langkah selanjutnya sobat tinggal klik kanan pada My Computer atau This PC.

3. Selanjutnya sobat pilih Properties. Maka akan muncul jendela baru seperti berikut, jika di windows 7, 8, 8.1, atau 10.

Cara mengetahui Driver sudah terinstal atau belum

4. Lalu pilih  Device Manager.

5. Kemudian akan muncul jendela kecil, dan disitu akan terlihat mana Driver yang sudah terinstal dan mana driver yang belum terinstal atau masih belum aktif.

Cara mengetahui Driver sudah terinstal atau belum

TAMBAHAN :

Biasanya, Driver yang sudah terinstal seluruhnya, tidak akan ada simbol peringatan atau tanda tanya. Jadi kesimpulannya, jika Driver yang belum terinstal, maka akan muncul simbol tanda seru atau tanda tenya di samping Driver tersebut. Dan bisa dilihat pada kotak merah pada  gambar di atas, yang berarti Driver saya belum 'enable' alias belum di aktifkan, jadi belum bisa digunakan sebelum diaktifkan.

Dan mungkin ada yang bertanya bagaimana cara mengatasi Driver yang belum terinstal? Caranya dengan menggunakan Driver Pack, dan instal seluruh Driver.

Dan bagaimana cara mengaktifkan Driver yang belum aktif seperti di atas? Caranya klik dua kali Driver tersebut, lalu klik Enable Device.

Baca juga : Cara mengetahui ukuran VGA pada komputer
                   RAM komputer anda rusak? Sebaiknya lakukan cara ini!

Cukup sekian.. Selamat mencoba dan 

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara mengetahui Driver sudah terinstal atau belum
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Pilih sistem komentar yang Anda sukai..

No comments :

Berkomentarlah dengan bijak & sesuai dengan artikel diatas