Friday 6 May 2016

Pengertian alamat IP (IP Address) pada jaringan

Pengertian alamat IP pada jaringanYap dan kali ini TKJjunior akan menampilkan dan memberikan sedikit pembelajaran tentang Pengertian alamat IP. Kali ini saya memposting yang sedikit berbeda dari biasanya, karena disini kita akan membahas mengenai jaringan.

Walaupun hal ini merupakan sesuatu yang sudah umum, tapi barangkali bagi sobat yang belum mengerti apa itu alamat IP pasti bingung juga kan ujungnya.

Dan disini saya tidak akan menjelaskan panjang lebar mengenai apa itu alamat IP. Karena diluar sana, pastinya banyak sekali yang sudah menyinggung dan bahkan membahas hal ini secara terperinci.

Mengapa saya tidak mejelaskannya secara terperinci? lantas apa yang akan dijelaskan?

Pada artikel ini saya akan menjelaskan inti dari pengertian alamat IP itu saja. Karena bagi sobat yang malas membaca artike panjang, maka sobat tepat membaca artikel ini.

Dan langsung saja kita akan membahas apa itu alamat IP yang terdapat pada jaringan.

Alamat IP? Mungkin bagi sobat yang belum pernah mendengarnya akan terasa asing, tapi jika sobat mendengar istilah IP Address mungkin sobat sudah tidak asing lagi dengan nama itu. Sebenarnya alamat IP dan IP address sama saja, hanya saja IP address adalah bahasa inggris dari alamat IP.

Jadi sobat sekarang jangan bingung lagi jika saya menjelaskan alamat IP. Tetapi sebelum saya menjelaskan alamat IP saya akan menjelaskan IP terlebih dahulu. IP yaitu singkatan dari Internet Protocol. Dan Internet Protokol menurut wikipedia adalah protokol lapisan jaringan atau protokol lapisan internetwork yang digunakan oleh protokol TPC/IP untuk melakukan pengidentifikasian dengan angka yang diberikan ke setiap mesin didalam jaringan IP (pengalamatan) dan routing paket data antar host-host di jaringan komputer berbasis TPC/IP.

Dan sekarang sudah saatnya saya menjelaskan pengertian alamat IP itu sendiri setelah sobat memahami pengertian IP diatas.

Alamat IP adalah deratan angka biner antara 32 bit - 128 bit yang digunakan untuk alamat identifikasi tiap komputer host dalam jaringan internet. Biasanya panjang deretan angka biner 32 bit yaitu untuk IP versi 4 atau yang biasa kita kenal sebagai IP4. Sedangkan 128 bit yaitu digunakan untuk IP versi 6 atau IP6. Dan angka-angka tersebutlah yang akan menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan internet berbasis TPC/IP.

Sebenarnya banyak sekali perbedaan antara IP4 dan IP6, selain dari versinya, perbedaan lainnya yang menonjol yaitu biasanya IP versi 4 ini memiliki/menggunakan kelasa alamat, seperti kelas A,B,C, D, dan E. Sedangkan IP versi 6 tidak menggunakannya. Dan masih banyak lagi perbedaa nantara kedua IP ini.

Dan pada kesempatan yang akan datang, insyaallah saya akan menjelaskannya tentang perbedaan antara IPv4 dan IPv6 secara keseluruhan. dan jika sobat tidak ingin ketinggalan update dari blog ini, maka sobat bisa mengikuti blog ini.

Saya rasa cukup sekian dulu pelajaran kita mengenai alamat IP. Dan semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian alamat IP (IP Address) pada jaringan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Pilih sistem komentar yang Anda sukai..

No comments :

Berkomentarlah dengan bijak & sesuai dengan artikel diatas